Catatan Ramadhan, Nyamannya Qatar Bagi Pekerja Indonesia

Senin, 21 Mei 2018 | 17.12 WIB

Bagikan:
Para pekerja Indonesia di Qatar saat berkumpul

Doha, Setara Post
Qatar adalah suatu Negeri kecil dengan luas 11580km2 yg berbatasan dengan Saudi Arabia dan Iran. Negara dengan penduduk hanya 2700.000 org dan income perkapitanya lebih US$110000 menjadikan nya sebagai negara terkaya di dunia jauh melebihi US dan Inggris.

Saat ini Qatar merupakan incaran para pekerja dari belahan dunia, termasuk Indonesia. Negara yang saat ini merupakan negara berpendapatan kedua tertinggi di dunia ini menjadi harapan baru ditengah keterpurukan ekonomi di Eropa dan beberapa negara lainnya. Tak heran, banyak para pekerja yang mulai melirik peluang kerja di Doha, Qatar

Saat ini, orang Indonesia yang bekerja di Qatar bukan hanya para pekerja informal tapi ada juga yang menjadi ekspatriat (tenaga ahli) di berbagai perusahaan, misal di perusahaan Minyak dan Gas, Telekomunikasi, Bank, Penerbangan, dll. Bahkan pilot pribadi Emir (Raja) Qatar salah satunya adalah WNI.


Begitu juga yang dirasakan salah seorang TKI asal Padangsidimpuan Sumatera Utara Mohammad Anhar. Pada tahun 1996 bersama 25 orang lainnya Anhar memberanikan diri mengadu nasib di negeri ini. Dengan meninggalkan pekerjaan yang mereka lalui di Perusahaan minyak sebelumnya ditanah air.

Dengan gaji yang mengalami kenaikan sebagaimana pertukaran mata uang US $ dan Rupiah, Kini mereka telah mapan hidup di negeri Qatar hingga memiliki anak keturunan.

Apalagi ditambah dengan adanya MoU antara Pemerintah RI dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi dengan Pemerintah Qatar yang memberikan dampak positif terhadap para pekerja Indonesia di sana.

"Sejak era Presiden Jokowi sudah dilakukan MoU yang mengatur tentang cara kerja TKW dan kenaikan gaji bagi mereka. Jujur memang ada dampak positif yang kami rasakan sebagai pekerja luar dengan diterbitkan nya peraturan baru tentang pekerja luar negeri yaitu dihapuskan nya KTKLN ( Kartu Tanda Kerja Luar Negeri) yang bagi kami lebih banyak mudaratnya dan sering dipersulit di bandara tapi sekrg sdh di hapus oleh presiden bàru kitam," ujar Anhar.

Sumber kekayaan utama adalah cadangan gasnya yaitu sekitar 1300 TCF triliun cubic feet membuat negri ini menghasilkan kekayaan yang luar biasa bila dibandingkan dengan gas alam PT Arun di aceh yang 'hanya" 15 TCF itupun habis setelah 25thn di explorasi.

Kekayaan negri ini membuat penduduknya makmur luar biasa dimana semua serba gratis mulai listrik, air, pendidikan dan kesehatan. Bahkan di sini tidak ada yg namanya Tax alias semua bebas pajak. Dengan gaji yang cukup tinggi penduduk nya sangat dimanjakan dengan kekayaan tersebut.

Hal itu tak lepas juga berkat pemimpin nya sekarang yang dipimpin seorang raja bernama HH ( High Highness ) Sheikh Jasim bin Hamad Al Thani seorang raja muda berusia 32 thn yang cakap dan cerdas serta dicintai rakyatnya.

Negri dengan Ibukota Doha ini membangun semua infrastructures dengan ekonomi yg tinggi. Triliunan dollar di gelontorkan untuk membangun negri tersebut dengan jalan layang modern. Air port Hamad Int yang merupakan salah satu airport terbaik didunia versi sky track 2018.

Bahkan negri sekecil ini sudah menyiapkan diri menjadi tuan rumah world cup 2022 nanti. Belum lagi sirkuit balap moto GP Lussail yg terkenal dengan ajang night racing pertama didunia. begitu juga kalender tahunan kejuaraan tennis man and women dunia yang sudah terkenal dilakukan di Qatar untuk menyedot perhatian dunia.


Kehidupan sehari-hari di Qatar yang sangat nyaman dan aman jauh dari kriminal dan kekerasan membuat sejumlah tenaga kerja Indonesia semakin betah untuk bekerja di negeri ini.

Bahkan sebagai tanda amannya Qatar bagi para pekerja. Hampir setiap hari mereka meninggalkan rumah serta kendaraan tanpa terkunci.

Demikian juga dengan kehidupan beragama, negeri yang hanya memiliki penduduk lokal sekitar 25 % ini lebih banyak di didiami oleh ummat non muslim. Akan tetapi hal tersebut tetap hidup rukun dan saling menghargai.

Ramadhan di Qatar

Apalagi saat Ramadhan seperti sekarang, para pekerja Muslim dapat dengan mudah menemukan tempat-tempat berbuka dengan tenda besar  ber AC dengan fasilitas hotel dan semua gratis tanpa bayaran.

Bahkan, atas perintah Raja, selama Ramadhan 500 harga bahan pokok makanan di turunkan 50% dan jam kerja juga hanya 5 jam max dari yang biasanya 8jam untuk yang kerja di kantor. Sedang bagi karyawan di pabrik yang bekerja shift 12 jam maka kelebihan 5 jam dianggap over time alias lembur. Sehingga walaupun tidak ada yang namanya THR tapi jumlah OT yg di dapat sudah cukup lumayan buat lebaran nanti.

Tak hanya disitu, sejumlah Masjid di disini juga menyediakan para imam dan muadzin dari Indonesia. Tak luput juga sejumlah Ustad ternama dari tanah air turut diundang untuk mengisi pengajian. (Laporan Moh. Anhar/Qatar)
Bagikan:
KOMENTAR