KPK Tahan Fadli Nurzal Terkait Dugaan Suap Gubernur Sumut Gatot

Sabtu, 30 Juni 2018 | 09.15 WIB

Bagikan:
Jakarta, Setara Post
KPK menahan anggota Komisi IV DPR Fadly Nurzal, tersangka penerima suap dari eks Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Gatot Pujo Nugroho. Fadly adalah eks anggota DPRD Sumut pertama yang ditahan KPK dari total 38 tersangka.

Fadly keluar dari ruang pemeriksaan KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (29/6/2018) sekitar pukul 19.00 WIB. Fadly yang sudah terbalut rompi oranye mengaku baru menjalani pemeriksaan awal. Saat ditanya soal keterlibatan pelaku lainnya, Fadly menjawab singkat.

"Nanti saja," kata Fadly sambil masuk ke mobil tahanan.

Fadly ditahan selama 20 hari pertama di rutan KPK. "Tersangka FN (Fadly Nurzal) ditahan selama 20 hari pertama di Rutan Cabang KPK Jakarta Timur, Kav K4," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah.

Selain Fadly, Febri mengatakan, pemeriksaan hari ini mestinya juga dilakukan terhadap tiga orang lain. Yakni Rijal Sirait, Rinawati Sianturi, dan Rooslynda Marpaung. Namun, ketiganya tidak datang.

"Untuk tiga tersangka lain yang tadi tidak datang kami jadwalkan ulang diperiksa Rabu (4/7/2018). KPK mengingatkan agar para tersangka datang memenuhi kewajiban hukum tersebut. Karena tadi ada pihak kuasa hukum yang datang meminta penjadwalan ulang dan kami kabulkan untuk Rabu depan," kata Febri.

Febri menambahkan, KPK juga akan lanjut memanggil tiga tersangka lain pada Kamis (5/7/2018) mendatang. Meski demikian, Febri mengatakan KPK belum dapat membeberkan identitas mereka.

"Belum bisa dismpaikan sekarang tiga nama yang akan diperiksa Kamis," kata Febri. (dc)

Bagikan:
KOMENTAR