Dinkes Tebing Tinggi Gelar Rakor HIV

Jumat, 03 Agustus 2018 | 10.30 WIB

Bagikan:
Narasumber dr Yanda dari Dinkes Provsu menyampaikan paparannya di Dinkes Tebing Tngggi

Tebing Tinggi, Setara Post
Dinas Kesehatan menggelar rakor tentang HIV/AIDS dan PIMS dengan LSM, Ormas, tokoh masyarakat,tokoh agama yang juga diikuti para Ka Puskesmas se Tebing Tinggi selasa (31/7) di aula Dinkes dibuka Kadis Kes dr.H.Nanang Fitra Aulia.Sp.PK dengan narasumber dr.Yanda Ardanta dari Dinkes Provsu

Dr.H.Nanang Fitra Aulia Sp.PK menyampaikan kegiatan ini penting untuk memberikan informasi kepada kita semua, tidak saja bagi tenaga kesehatan, tetapi juga untuk pengurus LSM, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan masyarakat secara umum.

Hal ini mengingat pengidap HIV/AIDS di Kota Tebing Tinggi yang kian hari terus bertambah dan sungguh memprihatinkan, untuk itu pengetahuan tentang HIV ini harus dipahami semua elemen masyarakat untuk pencegahanya.

Untuk melakukan pencegahan secara dini, kami yakin Pemko Tebing Tinggi melalui Dinkes tidak akan mampu bekerja sendiri, tampa
keikutsertaan para tomas, toga, LSM dan tokoh-tokoh ormas.ujarnya

Nanang berharap segenap elemen masyarakat ikut berperan aktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegahan lebih awal berkembangnya HIV khususnya di Kota Tebing Tinggi.

Sementara narasumber dr.Yanda menyampaikan bahwa saat ini dari data ada 4 jt ibu hamil mengidap HIV positif, dan ini perlu menjadi perhatian yang serius dari kita terutama ibu-ibu hamil, yang harus tetap melakukan tes.

Dikatakan ibu hamil yang mengidap HIV positif rentan menularkanya kepada baby yang dikandungnya,meskipun diketahui HIV bukanlah merupakan penyakit keturunan melainkan didapat.

Di Tebing Tinggi sendiri dari data yang dimiliki saat ini ada sekitar 450 orang yang terdaftar mengidap HIV, untuk itu kedepanya perlu pencegahanya lebih dini.

Penderita penyekait HIV/AIDS tidak perlu dimusuhi atau dikucilkan, karena mereka juga merupakan korban, dan karenanya perlu dilakukan pembinaan secara rutin untuk berobat.

Dr.Yanda menyarankan untuk hidup sehat harus punya gizi seimbang dan dengan tetap minum air putih setiap hari, manusia memerlukan air putih sebaiknya 2,5 liter setiap hari.

Untuk itu mencegah terjangkitnya HIV/AIDS hindari hubungan sex yang sembarangan, dan hal-hal lain yang bisa menyebabkan terjangkit,ujarnya. (bbs)
Bagikan:
KOMENTAR