Hari Ini Penetapan DCT Caleg, 23 September 2018 Kampanye Dimulai

Kamis, 20 September 2018 | 10.02 WIB

Bagikan:

Medan, Setara Post
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatra Utara Mulia Banurea,S.Ag mengatakan sesuai dengan peraturan PKPU Nomor 23 dan PKPU Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 secara serentak Pemilihan DPRD, DPD Pemilihan DPRD di Daerah Tingkat Provinsi Kabupaten dan Kota  pelaksanaan kampanye  Pilpres  dan   Anggota Legislatif pada 23 September 2018, sampai tanggal  tiga hari  sebelum pelaksanaan Pemilu.

"Tanggal 20 September 2018 atau hari ini (Kamis) penetapan DCT (Daftar Calon Tetap) penetapan pemilu (Pilpres) Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden  2019  secara Serentak serta pemilihan DPD,DPR, dan DPRD Tingkat Provinsi Daerah Kabupaten Kota akan disampaikan pengumuman penetapan calon tetap melalui media cetak,elektronik dan media On line," kata Banurea.

Sedangkan kampanye dengan pemasangan APK (Alat Peraga Kampanye) dimulai pada tanggal 24 September dalam konteks kampanye berbasis anggaran kata Mulia pada acara Sosialisasi Peraturan KPU Tentang Kampanye Pemilihan Umum yang diselenggarakan di Kantor KPU Sumut lantai 2 Jalan Perintis Kemerdekaan No.35 Medan Rabu, 19 September 2018.

Hadir dalam acara tersebut DR. Iskandar Zulkarnain, Yul Hasni, Nazir Salim, Harry Dharmaputra Kasubbag Humas, juga hadir Ketua PWI Provsu Hermansyah dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Jaramen Purba. Rapat dibuka oleh Ketua KPU Sumut Mulia Banurea.

“Pemasangan APK yang ditentukan oleh KPU pada tempat yang tidak terlarang. Misalnya di kantor Pemerintahan dan tempat ibadah,” katanya menambahkan.

Kampanye pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Partai Politik mulai tanggal 23 September 2018 sampai tigahari sebelum pemilihan Umum ( Pemilu ) diaksankan.

Partai Politik yang membuat Iklan tersendiri tidak dibenarkan dibuat sendiri  selain iklan yang dipasilitasi oleh KPU, ujar Yul Hasni dalam keterangannya. 

Kampanye melalui media massa mulai tanggal 24 Maret 2019. Sedangkan Kampanye ada dua persi Kampanye pemilihan Presiden dan kampanye pemilihan DPR, DPRD Provinsi dan  DPRD Kabupaten Kota secara serentak. Pemilihan calon legislatif akan diselenggaran mulai 17 April.

Nazir Salim menjelaskan kepada wartawan terkait calon DPD Provinsi DPD Kabupaten Kota. Tapi anggota DPD Provinsi dan DPD Kabupaten Kota tidak dapat melaksankan  kampanye Walaupun bergandengan dengan partai politik atau Caleg. Ada dua pemahaman jenis kampanye satu Kampanye pemilihan Presiden dan kampanye pemilihan anggota DPR, DPRD Provinsi Kabupaten dan Kota. ungkap Nazir mengulangi penjelasan Ketua KPU.Sumut.

“Komisi Penyiaran Indonesia (KPI),tetap mengawasi jalannya kampanye baik kampanye melalui media cetak penyiaran elektonik  walaupun berita kampanye  Online.” (Bahren)
Bagikan:
KOMENTAR