Terkait Limbah PKS PTPN4 Kebun Ajamu; PTPN-IV Tuding BLH Labuhanbatu Nyatakan sudah Penuhi Baku Mutu

Selasa, 18 September 2018 | 18.35 WIB

Bagikan:

Labuhanbatu, Setara Post
Masyarakat Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, yang meresahkan adanya dugaan pencemaran lingkungan dari limbah PKS PTPN-IV Kebun Ajamu, hal ini mendapat respons dari Kadis Lingkungan Hidup Labuhanbatu, H.Kamal Ilham SKM.MM langsung turun kelokasi, Senin (31/08/18).

Kadis Lingkungan Hidup, Kamal Ilham memerintahkan PTPN-IV Kebun Ajamu segera melakukan perbaikan pengelolaan limbah ini sehingga tidak meresahkan masyarakat sekitar.

Hal senada tentang  limbah beracun ini Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Panai Hulu (IKAMAPAPAH) melakukan tuntutan di Kantor Direksi PTPN-IV Medan, Kamis (13/09/18)

Akan tetapi, Humas PTPN-IV Syahrul Aman Siregar malah menyebutkan pihaknya sudah melaksanakan pengelolaan limbah dengan Undang-Undang RI Nomor 32 Tahun 2009 yang pengawasannya dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Labuhanbatu.

Kata.Syahrul lagi, dari hasil laporan triwulan dan Sertifikasi terbaru tanggal pengujian 10 Juli 2018 dengan hasil uji parameter BOD dan COD masih berada dibawah baku mutu.

Atas jawaban Humas PTPN-IV ini,  Setara Post melakukan konfirmasi dengan Kadis Lingkungan Hidup Labuhanbatu, H.Kamal.Ilham SKM.MM melalui telepon selularnya Senin (17/09/18) namun tidak dijawab.

Sedangkan salah seorang Tokoh Masyarakat di Panai Hulu, Aminullah Harahap saat diminta tanggapannya terkait pernyataan Humas PTPN-IV ini mengatakan bahwa kalau benar-benar pihak Perusahaan mari kita coba bersama melakukan pemeriksaan dengan mengambil contoh sample yang sama.

Aminullah juga meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup Labuhanbatu agar benar-benar melayani masyarakat jangan pula masyarakat dijadikan objek. (TN)
Bagikan:
KOMENTAR