Pemuda Yang Maju Adalah Pemuda Berkarakter dan Berdaya Saing

Selasa, 30 Oktober 2018 | 17.42 WIB

Bagikan:
Labuhanbatu, Setara Post
Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke 90 Tahun 2018 dilaksanakan di lapangan Ika Bina Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu, Minggu (28/10/18).

Plt Bupati Labuhanbatu, H.Andi Suhaimi Dalimunthe ST.MT membacakan pidato tertulis dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi yang mengatakan bahwa : Dalam mewujudkan Pemuda yang maju adalah Pemuda yang berkarakter dan berdaya saing oleh karena itu revolusi mental harus dapat dijadikan sebagai pemicu semakin cepat terwujudnya pemuda yang maju untuk menghasilkan bangsa yang hebat.sebagaimana yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

90 tahun yang lalu komitmen kebangsaan Pemuda Indonesia harus diteladani untuk membangun bangsa ini,maka dari itu hari Sumpah Pemuda yang berthema " Bangun Pemuda satukan Indonesia " ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,berakhlak mulia sehat cerdas kreativit inovatif mandiri demokratis bertanggung jawab berdaya saing serta memiliki kepemimpinan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Saat ini merupakan peringatan yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, yaitu hari Sumpah Pemuda ke 90 Tahun 2018 Kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus.komitmen menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

Dengan pesatnya perkembangan tekhnologi informasi ibarat dua mata pisau satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan namun pada sisi lain mempunyai dampak negatif.

Seperti informasi yang bersifat HOAX ,Pornografi,narkoba,pergaulan bebas,hingga radikal dan terorisme diharapkan kaum muda dapat memfilter dengan ilmu pengetahuan.

Hari ini pemuda pemuda hebat Indonesia telah lahir dan mampu berkompetisi hingga dikancah Asia,ini adalah sejarah baru membangun optimis pemuda Indonesia dengan bekerja keras mewujudkan prestasi diberbagai bidang.

Seperti halnya di Tahun 2019 yang akan datang bangsa Indonesia akan menggelar hajatan besar yakni pesta demokrasi untuk memilih menentukan pimpinan nasional dan daerah yaitu Pilpres dan Anggota Legislatif

Untuk ini peran dan tanggung jawab pemuda dalam mensukseskan proses pemilihan umum ini nanti amat sangat dibutuhkan  partisipasi aktif pemuda dalam Pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan Pemilu yang damai dan berkualitas.

"Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap remonial suku, agama, ras dan kultur menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka, tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan keluar batas-batas tembok kekinian dunia demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik," pintanya.

Akhir amanat tersebut, Andi mengajak segenap pemuda Indonesia untuk memandang kedepan dengan menjadi generasi yang tangguh dan hebat, serta mampu menjadi barisan terdepan dunia.

"Wahai pemuda Indonesia dunia sedang menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia ini," pesan Andi Suhaimi.

Prosesi upacara berlangsung khidmat, tampak hadir Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang SH,SIK, Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso, Sekdakab H. Ahmad Muflih, jajaran OPD, Ketua DPD KNPI Hamzah Sya'bani Nasution, Tokoh Agama, Ormas, OKP, serta ratusan ASN dan Pelajar se-Labuhanbat (TN)
Bagikan:
KOMENTAR