Pelaku Perampok Dan Pembunuh Wanita Di Binjai Ditembak

Senin, 11 Februari 2019 | 22.40 WIB

Bagikan:
Medan - Setarapost.
Akhirnya pelarian pelaku perampok dan pembunuh wanita Tiongha di Binjai,  berakhir sudah. Pasalnya  dalam waktu 12 jam, pelaku berhasil ditangkap Polisi gabungan dari Subdit III / Jatanras Ditreskrimum Polda Sumut dan Sat Reskrim Polres Binjai. Diketaui pelaku menghabisi nyawa korban bernama Lina (57) warga Jalan Mesjid  Nomor 22 Gang Belimbing, Lingkungan III, Kelurahan Pekan Binjai, Kecamatan Binjai Kota.

Pelaku ialah berinisial  RW (40) pria keturunan Tionghoa, warga Jalan Zainal Zakse, Gang Belimbing, Kelurahan Pekanbinjai, Kecamatan Binjai Kota. Pelaku pembunuh wanita warga Binjai ditangkap petugas di kawasan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Senin (11/2/2019) sekira pukul 06.00 WIB.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut, Kombes Pol Andi Rian Djajadi yang didampingi Kapolres Binjai AKBP Nugroho mengatakan, motif dari pembunuhan ini murni perampokan. Tim terpaksa menembak kaki pelaku karena berusaha melarikan diri saat pengembangan kasus.

“Dari pengakuan pelaku, pembunuhan ini dilakukan karena korban memiliki hutang terhadapnya. Tapi pengakuan itu terkesan hanya mengada-ngada. Karena korban lebih kaya dari pelaku. Jadi tidak mungkin korban punya hutang dengan pelaku,” ujar Andi Rian dalam konfrensi Persnya  Senin (11/2/2109) siang.

Andi Rian menyebutkan, pelaku menghabiskan nyawa korban saat korban menonton televisi di ruang tamu dengan menggunakan sebilah pisau. Selanjutnya, pelaku lalu menyeret korban ke kamar mandi dan kemudian membawa kabur harta milik korban yang ada di rumahnya.

“Tersangka dan korban ini saling kenal. Jadi bisa saja alasannya bertamu, tapi niat (merampok dan membunuh) sudah ada,” ungkap Andi Rian.

Andi Rian membeberkan, dalam pengungkapan ini pihaknya mengamankan sejumlah barang bukti seperti 1 Unit TV LED 32 Inch, 1 unit sepeda motor Honda Beat, 1 HP Samsung J2, 1 HP Samsung lipat, perhiasan emas (3 cincin, sebuah gelang, dan sebuah kalung), uang Rp 430 ribu, topi, jaket, celana jeans ponggol, plat sepeda motor BK 5073 RAO, ransel dan kaos lengan pendek.

Andi Rian menyebutkan, petugas juga menangkap 3 orang penadah atas hasil curian harta korban. Mereka adalah AJM (32) warga Kecamatan Bintang Bayu, Sergai (pembeli HP J2), BA (25) warga Dolok Masihul, Sergai (pembeli TV & HP Samsung lipat) dan ST (43) warga Jalan Sudirman, Dolok Masihul, Sergai (pembeli emas).

Karenanya terhadap pelaku pembunuhan akan kita kenakan Pasal 365 dan 338 masing-masing dengan ancaman hukuman 15 tahun. Sementara kepada penadah dijerat dengan Pasal 480 KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun,” pungkas Andi Rian.

Sementara itu, pelaku Ridwan Wongso berdalih, jika alasan dirinya sampai tega membunuh karena korban memiliki hutang Rp 4 juta. Saat itu ia berusaha meminta hutang tersebut, namun tidak diberikan oleh korban.

“Saya minta hutang itu tapi dia (korban) tidak memberikan. Lalu Saya ambil pisau kemudian membunuh korban. Tapi Saya menyesal,” kata tersangka.

Sebelumnya, seorang wanita bernama Lina (57) warga Jalan Mesjid Nomor 22, Gang Belimbing, Lingkungan III, Kelurahan Pekanbinjai, Kecamatan Binjai Kota ditemukan tewas mengenaskan di kamar mandi rumahnya, Minggu (10/2/2019). Polisi pun bergerak cepat sehingga, pelaku pembunuh wanita warga Binjai ditangkap dengan waktu kurang dari 12 jam. (Afd)

Bagikan:
KOMENTAR