Kapolda Sumut Harap Pemilu 2019 Aman, Damai & Sejuk.

Rabu, 17 April 2019 | 00.18 WIB

Bagikan:
Medan - Setarapost.
Tinggal 1 hari lagi, Pemilu 17/April/2019 Pileg dan Pilpres akan terlaksana diseluruh Indonesia. Dengan itu, Kapolda Sumut Irjend Pol Drs.Agus Adrianto SH MH.  Berharap Pemilu 2019 dapat terlaksana dengan aman, damai dan sejuk. Apabila ada yang mencoba menggagalkan dan menganggu ketertiban Pemilu,  Kapolda Sumut tidak segan - segan menindakkinya.

Kapolda Sumut Irjend Pol Drs.Agus Adrianto SH MH, usai kegiatan doa Kebangsaan Lintas Etnis dan agama Masyarakat, Senin (15/April/2019) saat dikonfirmasi wartawan mengatakan. PKPU Nomor 9 tahun 2019 Pasal 51, bahwa penyelenggara Pemilu sesuai ayat 1 ialah boleh diselesaikan  dan yang ke 2, apabila antri sampai selesai baru masuk ayat 2. Artinya perhitungan sudah selesai semua. Dengan itu, masyarakat mari berbondong - bondong datang ke TPS untuk menyampaikan hak Politiknya. Kami dari TNI dan Polri, akan menjaga proses pengamanan selama dipemilu. Kalau ada pihak yang ingin mencoba atau menganggu ketertiban selama Pemilu dalam pencoblosan. Kita tidak segan - segan melakukan tindakan. Itu sudah sesuai Pasal yang ada di PKPU. Seperti Pasal 510 kepada penyelanggara yang sengaja menghilangkan hak orang lain dalam pemilihan, akan dipenjara maksimal 2 tahun dan dendan Rp.24 juta. Kalau Pasal 46 dan Pasal 51, bahwa mereka ini sudah dicatat dan diberi antri, sengaja ditutup penyelanggara. Maka si penyelanggara akan dapat ancaman hukuman juga. Kemudian setiap orang mengancam  kekerasan atau menghalangi pendaftar memilih, maka akan dikenakan Pasal 511 PKPU Nomor 9 tahun 2019, dengan acaman 3 tahun penjara dan denda Rp.36 juta. Untuk Pasal 531 ialah siapa pun yang menggagalkan Pemilu 2019 atau menganggu ketertiban, maka dia akan kenak hukuman 5 tahun penjara" Ujarnya.

Lanjut Kapolda Sumut, kita tidak segan - segan dan akan menerapkan Pasal itu. Kalau ada yang ingin mencoba silahkan  pasti akan kita terapkan, untuk siapa pun orang yang menganggu.

Saat disinggung serangan fajar yang dilakukan Caleg, Kapolda Sumut mengatakan" Kita sudah menangkap beberapa orang, yang diduga main politik uang. Kita juga mohon kepada kontestan legislatif harus lebih bija" Ucap orang nomor 1 di Polda Sumut Irjend Pol Drs.Agus Adrianto SH MH. (Afd)
Bagikan:
KOMENTAR