Johan Tjongiran, SH Pimpin PSMTI Kota Medan 2019-2023

Senin, 27 Mei 2019 | 13.58 WIB

Bagikan:
Medan, Setara Post
Melalui Musyawarah Kota Luar Biasa (Muskotlub) Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia Medan, Johan Tjongiran SH yang sebelumnya merupakan Pjs Ketua PSMTI Medan terpilih menjadi Ketua PSMTI Medan periode 2019-2023, Minggu (26/5).

Pemilihan Ketua PSMTI Medan dilakukan melalui sistem suara terbanyak, Johan Tjongiran mendapatkan suara terbanyak yakni 12 suara untuk dicalonkan mengalahkan Sukiran SH dan Fransen Wijaya, kedua calon ketua PSMTI lainnya. Adapun pemilih merupakan perwakilan setiap Kecamatan masing-masing 3 suara yang diikuti 14 PSMTI Kecamatan dan satu Kelurahan.
Acara pemilihan yang dilaksanakan di Thong's Inn, Lubuk Pakam, Deli Serdang ini di buka secara resmi oleh Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, ditandai dengan pemukulan gong bersama Pangkosek Hanudnas III Marsma TNI Djohan Amarullah.

Turut hadir Brigjen TNI, Donny Makarim mewakili Panglima TNI, Dandim, Deliserdang, Letkol Kav, Syamsul Arifin, Kakanwil Kemenkumham Sumut, Dewa Putu Gede, Kepala Badan Kesbangpol Pemko Medan, Sulaiman Harahap dan Kadisnaker Kota Medan, Hana Lore dan lainnya.

Dzulmi Eldin dalam sambutannya, mengapresiasi Muskotlub PSMTI Medan yang diharapkan membawa kebaikan bukan hanya bagi PSMTI saja namun juga bagi seluruh masyarakat Kota Medan, khususnya Sumatera Utara.

Melalui momentum Muskotlub ini Eldin juga berharap, PSMTI Medan mampu membawa perubahan dan memberi buah pemikiran positif bagi pembagunan Kota Medan ke depannya.

"Paguyuban ini harus dapat menjadi pelopor perubahan di Kota Medan, mampu menyesuaikan diri pada kultur yang ada di Kota Medan yang terdiri dari beragam suku agama dan adat istiadat,"ujarnya.

Dalam kesempatan itu,Eldin mengajak segenap etnis Tionghoa agar tetap memelihara persatuan dan kesatuan ditengah kemajemukan yang ada di Kota Medan.

"Mari kita hindari perpecahan dan sikap apatis terhadap lingkungan di sekitar kita. Kiranya lingkungan bisa menjadi wadah bagi kita untuk bersatu," ajak Eldin.

Ketua PSMTI Sumut, Tongariodjo Angkasa Ginting SE,MBA,MM,MSc mengungkapkan, pelaksanaan Muskotlub PSMTI Kota Medan diselenggarakan atas adanya permintaan pengurus Kecamatan sesuai AD/ART PSMTI untuk memilih Ketua PSMTI Medan yang benefit dalam menjalankan Roda Organisasi PSMTI Medan. Muskotlub ini sudah didukung oleh PSMTI Pusat.

"Semoga Muskotlub PSMTI Kota Medan 2019 ini bisa memilih seorang ketua yang memiliki kredibilitas dan semangat untuk menjalankan roda organisasi periode2019-2023. Sehingga keberadaan PSMTI Kota Medan benar-benar dapat bermanfaat lagi bagi masyarakat luas," tuturnya.

Sehingga, lanjutnya, kedepan PSMTI Kota Medan dapat menjadi rumah besar suku Tionghoa sebagai wadah bagimasyarakat Kota Medan pada khususnya dan masyarakat suku Tionghoa di Sumut pada khususnya.

Dengan prinsip bahwa organisasi PSMTI adalah organisasi sosial, tidak berpolitik dan tidak berafiliasi dengan satu partai politik.

Sementara, Ketua Panitia, Kundjung SH menambahkan, Muskotlub Medan
ini baru pertama kali dilakukan. Ini dilakukan karena terjadi kekosongan kepengurusan PSMTI Kota Medan periode 2015-2019 setelah SK kepengurusan mereka dicabut serta adanya permintaan tertulis oleh delapan PSMTI kecamatan dari 12 PSMTI Kecamatan yang terdaftar.


Pjs Ketua PSMTI Kota  Medan, Johan Tjongiran, SH menyampaikan, sejak dirinya diangkat menjadi Pjs Ketua PSMTI Kota Medan, beragam kegiatan sudah  dilakukan. Mulia dari pembagian takjil untuk pengguna jalan di area Lapangan Merdeka Medan, buka puasa dengan Nahdatul Ulama dan Persatuan Islam Tionghoa Indonesia di Medan yang dibarengi dengan pemberian bingkisan
Lebaran. (Rel)
Bagikan:
KOMENTAR