Wakapolda Sumut Ungkap Kasus 59 Kg Sabu Dari Jaringan Internasional

Jumat, 12 Juli 2019 | 13.32 WIB

Bagikan:
Medan - Setarapost.
59 Kg narkotika jenis sabu berhasil digagalkan Ditresnarkoba Polda Sumut. Dengan itu, Kapolda Sumatera Utara irjend Pol.Drs.Agus Adrianto SH MH, melalui Wakapolda Sumut Brigjend Pol.Mardiaz Khusin Dwihananto yang didampingi, Direktur Narkoba Polda Sumut Kombes Pol.Hendri Marpaung, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol.Tatan Dirsan Atmaja. Mengungkap kasus peredaran narkotika  jaringan internasional, dihalaman Diresnarkoba Polda Sumut, Kamis (11/7/2019).

" Para tersangka  merupakan jaringan Narkotika internasional, ditangkap Ditresnarkoba Polda Sumut berbeda lokasi. Diantara para tersangka ini terpaksa diberi tindakan tegas dan terukur dibagian kakinya, karena berusaha melarikan diri. Ke 7 tersangka yang ditangkap Ditresnarkoba Polda Sumut,  pemasuk Narkotika jenis sabu dari Malaysia - Medan, Malaysia - Dumai - Medan dan Malaysia - Aceh - Medan.

" Atas ketangkapnya ke 7 tersangka jaringan narkotika internasional dengan barang bukti 59 kg sabu, telah menyelamatkan anak bangsa sebanyak lima ratus sembilan puluh (590) orang. Dengan rincian pengguna narkotika jenis sabu , sebanyak 1 gram untuk 10 orang pengguna.

"  Para tersangka terjerat Pasal 114 ayat (2), Pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UUD Narkotika nomor 35 tahun 2009, terancam hukuman mati atau penjara seumur hidup, paling singkat 6 tahun penjara dan paling lama 20 tahun penjara dan denda paling sedikit Rp.1 miliyar, paling banyak Rp.10 miliyar" Kata Wakapolda Sumut Brigjend Pol.Mardiaz Khusin Dwihananto.

Sementara Direktur Narkoba Polda Sumut Kombes Pol.Hendri Marpung menjelaskan. Berawal penangkapan para tersangka, atas informasi masyarakat. Untuk menindaklanjut informasi tersebut. Unit 1 subdit III Ditresnarkoba Polda Sumut melakukan penyelidikkan ditempat kejadian perkara (TKP), dikawasan Jalan Iskandar Muda Kecamatan Medan Petisah, Minggu ( 27/6/2019 ) sekitar Pukul 9:00 WIB. Dari hasil penyelidikan yang dilakukan unit 1 subdit III Ditresnarkoba Polda Sumut, ternyata bener ada seorang lelaki yang memiliki narkotika jenis sabu. Petugas reserse narkoba unit 1 subdit III Ditresnarkoba Polda Sumut, langsung menangkap seorang lelaki yang diketaui berinisial RS dilokasi , tepatnya dekat rumah makan Simpang Raya Jalan Iskandar Muda. Dari RS petugas menemukan barang bukti narkotika jenis sabu dengan berat 3 kg.

" Saat diintrogasi oleh petugas, RS mengaku berangkat dari Tanjung Balai bersama rekanya berinisial A naik kereta Api. Lalu petugas memburu dan melakukan penangkapan A, dihotel Transit Jalan Gajah Mada Kecamatan Medan Petisah. Dari pengakuan RS dan A, saat diintrogasi oleh petugas mengaku ada menyimpan 7 bungkus sabu ditanjung Balai.

“Kami langsung menuju ke kota Tanjung Balai Asahan. Disana petugas kita menemukan 1 tas berwarna biru berisi 7 bungkus sabu dari dalam rumah kosong milik keluarga RS, setelah ditimbang ternyata beratnya 7 kilo gram,” ucap Direktur narkoba Polda Sumut Kombes Pol Hendri Marpaung.

Lanjut orang nomor 1 di Ditresnarkoba Polda Sumut, dari tersangka RS dan A kita menyita 10 kg sabu yang didapatkan dari tersangka S yang kini (DPO) dari Bagan Asahan.

" Tidak puas sampai disitu saja, petugas mencoba mencari barang bukti narkoba lainya dikota Tanjung Balai. Saat petugas melakukan pengembangan dengan kasus tersebut , tersangka  RS mencoba kabur dengan cara melawan petugas sehingga terpaksa diberi tembakan dibetis kaki kirinya ,” jelas Kombes Pol.Hendri Marpaung.

Lalu unit 4 Subdit II juga melakukan penangkapan terhadap tersangka MMA didalam rumahnya di Jalan Mesjid I Desa Sekip Kecamatan lubuk Pakam Kabupaten Deli Sedang dengan barbut 5 kilo gram dan kepada MMA juga diberikan tembakan di kaki sebelah kanan karena mencoba melarikan diri.

“Dari intrograsi terhadap MMA diperoleh keterangan bahwa ada 1 orang laki-laki di Jalan Iskandar Muda Kecamatan Medan Baru yang memiliki sabu. Lalu unit 2 subdit 2 Ditresnarkoba Polda Sumut di Jalan Iskandar Muda berhasil menangkap R alias T dan J dengan barbut 40 kilo sabu yang dimasukan kedalam 2 goni plastik pada hari Senin tanggal (8/7/2019) sekira pukul 17:00 WIB.

Dari keterangan R alias T dan J, unit 2 subdit II Ditresnarkoba Polda Sumut melakukan penangkapan  terhadap S dan H dijalan Ringroad Gagak Hitam. Dari keduanya didapat sabu seberat 4 kilo gram , dan saat dilakukan pengembangan keduanya mencoba kabur dan kepada keduanya diberikan tembakan dikaki sebelah kiri" Papar Direktur narkoba Polda Sumut Kombes Pol.Hendrik Marpaung. (Afd)
Bagikan:
KOMENTAR