Gelar Festival Lagu Daerah, Walikota Padangsidimpuan " Semprit " Dinas Pendidikan

Rabu, 14 Agustus 2019 | 22.10 WIB

Bagikan:
Padangsidimpuan-Setarapost.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution mengkritik festival lagu daerah Kota Padangsidimpuan yang digelar Dinas Pendidikan Daerah  di Aula MAN 2  Padangsidimpuan 13 s/d 14 Agustus 2019.

Dari festival daerah dapat memunculkan penyanyi-penyanyi berbakat lagu daerah Tabagsel yang bisa mengharumkan nama daerah di hingga tingkat nasional.

“Jadilah tuan rumah di rumah sendiri " ujar Walikota Irsan, dihadapan para peserta, saat acara penutupan, Rabu 14 Agustus 2019.

Menurutnya kegiatan tersebut sangat bagus sekali ini, serta mengandung nilai kebudayaan tetapi seharusnya lebih disosialisasikan, agar peserta banyak yang ikut.

Ia pun mengaku tidak mengetahui acara tersebut, lantaran ia baru mengetahui pelaksanaannya itu, saat ada surat undangan dari panitia untuk hadir pada acara penutupan acara.

“Saya pikir kita perlu melakukan koreksi dalam penyelenggaraan ini, agar kedepan semakin baik”ujarnya.

Ia berharap bila kegiatan seperti itu ingin dilaksanakan kedepannya, agar mengikut sertakan juga para seniman-seniman, untuk duduk bersama membahasnya, agar harapan kegitan itu lebih bagus.

Irsan mengaku, sangat berkeinginan dan bertekad mengembalikan lagu daerah Tabagsel. Sebagaimana booming seperti pada waktu tahun 2000-an hingga banyak penyanyi-penyanyi daerah yang berlomba-lomba mengikuti kontes dangdut ibukota, seperti di KDI dan yang lainnya.

" Saya pikir pak Kadis (Kepala Dinas Pendidikan), acara seperti ini harus fantastis kedepan. Kalau bisa perlombaannya, memperebutkan piala bergilir Walikota dan pemenang menerima uang pembinaan yang memuaskan”kata Irsan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelaksana Teknis Kerja (PTK) Ruslan Abdul Gani Harahap melalui Kasi Kebudayaan M Syukur Harahap, selaku ketua panitia menyebutkan, jumlah peserta yang mengikuti festival lagu daerah tahun ini, sebanyak 155 orang peserta, dengan rincian tingkat SD 33 orang, SMP 45 orang. Kemudian SMA 69 orang dan umum 8 orang.

Ia juga mengungkapkan, khusus dari tingkat SMA dan umum ada dari luar daerah yakni dari Tapsel 4 orang (SMA), Paluta 1 orang (umum) dan 1 orang dari Riau (umum).

Selain itu pihak panitia, memberikan juga anugrah dan piagam penghargaan kepada seniman yang berjasa, serta konsisten dalam mengembangkan dan melestarikan seni budaya di Kota Padangsidimpuan diantaranya Bahraini Lubis atau yang lebih dikenal dengan Odang S, Chandra Buana Nasution pencipta lagu mars Kota Padangsidimpuan, Roni Saputra dan tujuh orang seniman lainnya.(STR)
Bagikan:
KOMENTAR