Jamaah Masjid Al-Huda Sembelih Hewan Qurban

Kamis, 15 Agustus 2019 | 10.54 WIB

Bagikan:
Pada gambar kelihatan : Suyitno ketika menyembelih hewan lembu, 
foto lainnya, masyarakat lagi menyaksikan penyembelihan. (Foto:SetaraPost/RismanHarahap)

Deli Serdang, Setara Post
Sebagian besar jemaah masjid Al-Huda Jl. Pendidikan Pasar XI Dusun VIII Desa Bandar Khalipah Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang telah melaksanakan pemotongan (penyembelihan) hewan qurban.

Adapun pemotongan dan penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan dihalaman rumah penduduk, di depan Masjid Al-Huda itu berjumlah 5 ekor lembu dan 3 ekor kambing. Pemotongan hewan qurban pada hari raya Idul Adha tahun ini, sama dengan pemotongan hewan qurban tahun lalu, yaitu 5 ekor lembu, 3 ekor kambing, kata salah seorang panitia menjawab pertanyaan Risman Harahap dari Media Online Setara Post, yang langsung menyaksikan di lapangan.

Pemotongan dan penyembelihan hewan qurban berjalan mulus dan lancar, sehingga Suyitno selaku pembegal (yang menyembelih) hewan qurban itu tidak kewalahan. Dimana penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan usia shalat Idul Adha berakhir setelah shalat ashar berjamaah di masjid Al-Huda.

Perlu diketahui hasil daging kurban dari yang berkurban 28 orang itu, selain untuk yang berqurban diberikan juga kepada masyarakat Dusun VIII yang berhak menerimanya. Ketika penyembelihan hendak dilaksanakan semua yang berqurban ikut menyaksikannya. Hasil pantauan Setara Post dilapangan bukan hanya masyarakat yang berqurban yang hadir, tetapi hampir ratusan masyarakat ikut menyaksikan termasuklah ibu-ibu yang sedang berbadan dua juga tidak ketinggalan anak-anak yang masih kecil. Sementara itu ketika Setara Post minggu, 11 Agustus 2019 berbincang-bincang dengan pengunjung yang menyaksikan pemotongan hewan qurban itu mengatakan, pada tahun ini kami menerima daging qurban tahun depan kami juga insya Allah turut berqurban, ucapnya.

Pemberian daging qurban kepada masyarakat yang dilaksanakan di halaman Masjid Al-Huda dengan catatan, masyarakat memberikan kupon yang telah diberikan daging qurban tersebut. Harapan panitia qurban, hendaknya pada tahun mendatang masyarakat yang bequrban bertambah dari tahun ini, supaya hewan yang diqurbankan juga bertambah, kata Panitia Qurban tersebut mengakhiri keterangannya seputar qurban. Munculnya pengorbanan hewan ini, adalah mengenang nabi Ibrahim AS, kata pengunjung yang hadir dalam pelaksanaan qurban, ucapnya kepada Setara Post. (Ris)

Bagikan:
KOMENTAR