Kasat Narkoba Polres Sergai Melaksanakan Binluh Narkoba Sama Sekolah SMP N 1 Sei Rampah

Sabtu, 10 Agustus 2019 | 11.37 WIB

Bagikan:
Sergai - Setarapost.
Untuk mencenggah agar generasi penerus bangsa terhindar dari narkoba. Kepala Satuan Resrse (Kasatres) Narkoba Polres Sergai AKP Martualesi Sitepu SH MH, melaksanakan  bimbingan penyuluhan (Binluh) bahayanya penyala gunaan narkoba disekolah SMP N 1 Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Jum'at (9/8/2019) sekira pukul 09:30 Wib s/d pukul 11:30 Wib.

Yang diikuti oleh 86 peserta terdiri dari 28 orang mahasiswa KKN dan 58 orang siswa SMPN 1 Sei Rampah.

Sementara personel yang memberi Binlu bahayanya penyala gunaan narkoba, Kasat Narkoba Polres Sergai AKP Martualesi Sitepu SH MH, Kaurmitu Sat Narkoba AIPDA Kamaruddin Sembiring dan operator Nurlayna Sari.

 Hadir juga kepala BNN Kabupaten Sergai yang diwakili oleh Ramli Siagian dan  guru SMPN 1 Sei Rampah Khairul Bahri Lubis.

Kegiatan Binluh diawali  dari pembukaan acara sekira pukul 09:30 Wib, kata sambutan dari ketua panitia KKN UINSU Salman Alfarizi Siregar, samubutan guru sekolah SMPN 1 Sei Rampah, sambutan dari anggota BNN Kabupaten Sergai Ramli Siagian, arahan dan sosialisasi bahayanya pengguna narkoba dari Kasatres Narkoba Polres Sergai AKP Martualesi Sitepu SH MH, dan pembacaan doa yang dibawak oleh Nanda Putra serta fhoto bersama.

Kasatres Narkoba Polres Sergai AKP Martualesi Sitepu SH MH, dalam pengarahan bimbingan penyuluhan (Binluh) bahayanya penyala gunaan narkoba dihadapan seluruh peserta yang hadir mengatakan" Bahwa pengguna narkoba sekarang ini, sudah hampir seluruh lapisan masyarakat yang terkenak narkoba. Karena narokoba ini tidak mengenal jenis kelamin, umur serta  perofesi dan sebagainya.

"Apalagi salah satu sasaran pengedar narkoba sekarang ini ialah para pelajar dan mahasiswa, itu kenapa bisa terjadi. Karena  para pengedar mengawali dari  para pelajar untuk mengkonsumsi narkoba. Pelajar yang semakin penasaran, maka mereka ingin mencoba dampaknya mengguna narkotika.

" Dengan itu, mulai sekarang ini kami ingatkan buat anak - anak kami, harus bisa hilangkan pemikiran ingin mencoba narkotika. Karena narkotika bisa jadi ketergantungan nantinya. Kalian harus ingat dan pahami, bahwa pengertian narkoba adalah narkotika yang berasal dari tanaman ataupun bukan tanaman, baik itu sentetis maupun semi sintetis yang dapat mempengaruhi otak. Karena dapat menyebabkan menghilangkan atau menurunkan kesadaran, yang dapat membuat ketergantungan. Ketergantungan yang saya maksud adalah, berbahaya memakai narkotika sehingga setiap saat harus memakai narkotika" Ucap Kasat Narkoba Polres Sergai AKP Martualesi Sitepu SH MH.

Masih dikatakan Martualesi Sitepu, para pelajar sekalian adalah generasi penerus harapan bangsa. Masa depan dan cita - cita yang kalian perjuangkan ,  ada dipundak kalian masing - masing. Maka dari itu, kami himbaukan kepada  anak - anak kami harus rajin belajar, taat beribadah dan dengarkan nasehat orang tua serta ajaran guru kalian. Agar kalian dapat meraih cita - cita, yang ingin kalian gapai. Dari sekarang kalian katakan tidak memakai narkoba dan rokok.

" Setelah mengikuti giat Binluh yang kami laksanakan sekarang ini. Kami harapkan, para guru dan siswa menjadi pelopor anti narkoba yang dimulai dari keluarga dan lingkungan masing - masing. Apabila ada yang mengetaui pengguna narkoba, baik itu tetangga maupun dilingkungan masing - masing silahkan beritau kepada kami, agar cepat kami atasi" Tegas orang nomor 1 di Satres Narkoba Polres Sergai AKP Martualesi Sitepu SH MH.

Usai Kasat Narkoba Polres Sergai AKP Martualesi Sitepu SH MH, memberi bimbingan penyuluhan (Binluh) bahayanya penyala gunaan narkoba, salah satu peserta dari mahasiswa KKN UINSU Reza mengajukan pertanyaan bila mengetaui adanya penyala gunaan narkoba apa yang harus dilakukan.

Martualesi Sitepu menjawab, sesuai dengan Pasal 131 UU No.35 Tahun 2009 tentang narkotika. Apabila ada yang mengetaui adanya peredaran narkoba dan tidak melaporkan kepada kami, dapat dihukum. Maka dari itu, kami mengajak semua apabila ada yang mengetaui adanya peredaran narkoba segera laporkan kepada petugas. Begitu juga dengan keluarga kita menjadi pecandu narkoba, segera laporkan sama petugas juga. Karena sesuai Pasal 54,55 UU RI No.35 Tahun 2009 tentang narkotika, apabila ada anggota keluarga menjadi pecandu narkoba dan dilaporkan, menjadi kewajiban pemerintah untuk memberikan rehabilitasi sosial dan medis" Jawabnya.

Lanjut peserta Binluh  Salman Alfarizi yang mengajukan pertanyaan, apa keselamatan bila kita melaporkan para pelaku penyala gunaan narkoba.

Kasat Narkoba Polres Sergai AKP Martualesi Sitepu SH MH, menjawab" Bahwa dengan UU No.31 Tahun 2014 atas perubahan UU No.13 Tahun 2006 tentang perlindungan saksi dan korban menjamin keselamatan kita" Tegasnya.

Selama kegiatan Binluh bahayanya penyalah gunaan narkoba berlangsung yang diikuti 86 peserta, berjalan dengan baik dan lancar. (Afd)
Bagikan:
KOMENTAR