DPP PDI Perjuangan Tunjuk Baskami Ginting Ketua DPRD Sumut, Mangapul Purba Ketua Fraksi

Jumat, 06 September 2019 | 17.57 WIB

Bagikan:

Medan, Setara Post
Teka-teki soal siapa yang akan menduduki jabatan Ketua DPRD Sumut 2019-2024, akhirnya terjawab. Sebagai parpol yang berhak untuk jabatan itu, DPP PDI Perjuangan telah menetapkan Baskami Ginting mengemban tugas dimaksud.
Informasi ini diperoleh dari Sekretaris DPD PDIP Sumut Sutarto, Jumat (6/9/2019).

“Sesuai penyampaian Pak Sekjen dengan memperhatikan latar belakang kesejarahan, kondisi sosio politik, DPP menunjuk Baskami Ginting sebagai Ketua DPRD Sumut,” ujarnya.

Sebelumnya, ada tiga nama calon yang diusulkan ke DPP PDIP untuk menjadi Ketua DPRD Sumut Periode 2019-2024. Ketiga nama itu sudah dipanggil ke DPP PDIP untuk mengikuti fit and propertest (uji kelayakan dan kepatutan).

Selain Ketua DPRD Sumut, juga ditetapkan Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumut Periode 2019-2024. Untuk jabatan ini, kata Sutarto, DPP PDIP menghunjuk Mangapul Purba.
Soetarto menjelaskan, partai menginstruksikan kepada keduanya untuk dapat memajukan masyarakat Sumut melalui lembaga tersebut.

Selain itu, katanya, ada juga instruksi umum kepada seluruh kader PDIP, khususnya kepada caleg terpilih. DPP PDIP antara lain minta caleg terpilih agar dapat menjaga kehormatan partai. Juga dalam tugasnya sebagai anggota dewan, agar menjalankan fungsi budgeting, legislasi dan controling dengan baik, sehinga tetap dipercaya rakyat.

Diinformasikan juga, bahwa nama-nama kader untuk pimpinan DPRD kabupaten/kota juga sudah diputuskan DPP PDIP.

 “Tinggal dua lagi yang masih dibahas. Yaitu Deli Serdang dan Simalungun,” ucapnya.

Calon Wakil Gubernur Sumut
Baskami Ginting sendiri merupakan ‘orang lama di DPRD Sumut’. Bahkan sempat menjadi calon Wakil Gubernur Sumut di Pilgubsu 2003, mendampingi Amrun Daulay. Saat itu pemilihan gubernur masih dilakukan langsung oleh anggota DPRD Sumut.

Pasangan Amrun-Baskami saat itu langsung kalah di putaran pertama yang berlangsung 26 Mei 2003 dan diikuti tiga pasangan tersebut.

Dan sebagaimana diketahui, di putaran kedua, Pasangan Tengku Rizal Nurdin-Rudolf Pardede akhirnya terpilih usai mengalahkan Pasangan Chaeruman Harahap-HN Serta Ginting. Rizal Nurdin-Rudolf mengantungi 51 dari 85 suara diperebutkan.

Sementara sebelum ini, Baskami Ginting adalah Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumut Periode 2014-2019.

Bagikan:
KOMENTAR