Karang Taruna Padangsidimpuan Gelar Pelatihan Ciptakan Petani Milenial

Sabtu, 23 November 2019 | 17.18 WIB

Bagikan:
Padangsidimpuan - Setarapost
Budidaya pertanian berkelanjutan menjadi program yang dianggap penting karena sudah menjadi agenda Nasional bahkan Internasional dengan terakomodasi pada SDG's dan telah diatur Undang Undang Nomor 22 tahun 2019 tentang Sistem Budidaya Pertanian Berkelanjutan.

Berkaitan dengan itu, Karang Taruna Kota Padangsidimpuan  menggelar Pelatihan Pembuatan Mikro Organisme Lokal (MOL), Pupuk Organik, dan Pestisida Nabati di Gedung Aula Fakultas Pertanian UGN tor Simarsayang  sejak Sabtu - Minggu, 23 - 24 November 2019.

Ketua Karang Taruna Kota Padangsidimpuan Roby Ariyanto Napitupulu,SH mengatakan pelatihan ini dilaksanakan bertujuan agar para pemuda khususnya warga karang taruna, mampu mengaplikasikan ilmu yg di dapat di pelatihan ini  untuk diri sendiri, keluarga maupun di terapkan di lingkungan masing masing.

" kedepannya diharapkan tercipta Petani Milenial, yg mampu memaksimalkan kualitas juga kuantitas pertanian dan tindak lanjut dari kegiatan ini adalah pembentukan kelompok tani di Desa / Kelurahan, akan kita aplikasikan pada lahan pertanian kelompok kelompok tersebut untuk Pembuatan MOL, Pupuk Organik  Pestisida Nabati."ujarnya.

Dikatakannya, Karang Taruna kedepannya akan berupaya mampu mengembangkan pertanian mulai dari hulu ke hilir, mulai dari pupuk, pestisida, bibit unggul, hasil panen, turunan dari hasil panen yg akan dipasarkan dalam bentuk produk turunan dari hasil pertanian tsb.

Pada kesempatan itu, Roby juga menyampaikan terima kasih dan harapan kepada Pemerintahan Kota Padangsidimpuan selaku Mitra Karang Taruna, senantiasa mendukung kegiatan seperti ini, dan akan siap menjadi garda terdepan untuk ikut serta mewujudkan visi misi Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan yaitu Padangsidimpuan Bersinar.

Sementara Ketua Panitia Pelatihan dalam laporannya menyampaikan
Kegiatan ini bertujuan mengembangkan solusi alternatif disektor pertanian dalam pemenuhan sarana produksi pertanian (saprotan).

Selain itu, Karang Taruna berkomitmen dalam mengawal program pemerintah mewujudkan pertanian berkelanjutan (sustainability agriculture).
Peserta pelatihan adalah kalangan pemuda yang merupakan perwakilan dari organisasi kepemudaan baik internal dan eksternal Karang Taruna serta mahasiswa dari Fakultas Pertanian di UGN dan UMTS yang diharapkan setelah mendapat pelatihan ini, peserta ini mampu membuat MOL, Pupuk Organik dan Pestisida.

Tidak sampai disitu, peserta juga diharapkan mampu mentransfer ilmu terkait pertanian organik ini kepada petani disekitar mereka.

Sistem pelatihan dilaksanakan selama 2 hari dengan sistem on class (paparan materi) dan off class (demonstrasi) dengan menghadirkan narasumber Narasumber Darwis H. Harahap, SP yang  juga ketua bidang Pertanian, perikanan dan perkebunan Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara.

Pelatihan yang dibuka Walikota Padangsidimpuan yang  diwakili Kadis Sosial tersebut di ikuti Pengurus Karang Taruna Padangsidimpuan, utusan Karang Taruna 6 Kecamatan, utusan KNPI, HAMPAS, BEM UMTS, UGN dan dihadiri Pembantu Dekan 3 Fak Pertanian UGN Parmanoan Harahap, SP, M.Hut.(Saut Togi Ritonga)
Bagikan:
KOMENTAR