Kota Padangsidimpuan Terima Penghargaan Swasti Saba Kota Sehat Tahun 2019

Selasa, 19 November 2019 | 16.09 WIB

Bagikan:
Padangsidimpuan Setarapost Kota Padangsidimpuan menerima penghargaan Swasti Saba Kota Sehat Tahun 2019 yang diterima Walikota Irsan Efendi Nasution SH didampingi Kabag Humas & Protokol Nurcahyo B Susetyo ST dan dianugerahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian & Menteri Kesehatan Republik Indonesia dr Terawan di kantor Kemendagri  ruangan Sasana Bhakti Praja jl.Medan Merdeka Utara no 7 Jakarta pusat, Selasa 19 November 2019.

Kota Sehat Swasti Saba Wistara yaitu tingkat pemantapan (padapa) yang merupakan bagian dari komitmen bersama pelaku pembangunan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap kesehatan.

Kota Sehat merupakan suatu kondisi kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Dalam sambutannya Menkes mengatakan saat ini pemerintah fokus membahas dua isu penting yaitu stunting dan jaminan kesehatan nasional.

"Angka stunting turun dari 37 persen menjadi 27 persen dalam kurun waktu 6 tahun. Pendekatan Kabupaten atau Kota Sehat, merupakan wujud nyata konvergensi intervensi spesifik dan intervensi spesifik dalam penurunan stunting di Indonesia" ujarnya.

Sedangkan, Mendagri membahas isu bonus demografi di Indonesia dalam pidatonya.

"Kita alami problema bonus demografi, yaitu besarnya angkatan kerja, berbeda dari singapura dan jepang yg alami aging population. Ini akan jadi masalah jika tidak segera diatasi karena akan menaikan angka pengangguran" ujarnya

Walikota Padangsidempuan Irsan Efendi Nasution mengucapkan terima kasih kepada semua stake holder yang terlibat dalam mensukseskan Kota Sehat Padangsidimpuan.

" Semua ini tercapai berkat kerjasama dan niat yang tulus dari semua stake holder untuk mencapai Kota Sehat Kota Padangsidimpuan sehingga kita dapat meraih penghargaan ini,” katanya

Secara khusus, Irsan menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada jajaran kesehatan yang mengabdikan diri , yang berjuang di tengah kesehatan masyarakat. (Saut Togi Ritonga)
Bagikan:
KOMENTAR