Lima Perampok Truk Container Di Tembak Ditreskrimum Polda Sumut.

Selasa, 05 November 2019 | 09.10 WIB

Bagikan:

Medan - Setarapost. Lima pelaku perampok truk container yang kerap beraksi dijalan tol, tak berkutik lagi. Pasalnya, Subdit III/ Jatanras Ditreskrimum Polda Sumut, terpaksa menghadiahkan tima panas kekaki lima penjahat jalanan ini.

Para tersangka yang dibekuk Polisi terdiri dari enam tersangka,  yang merupakan dua diantaranya perampok truk container bulan Februari tahun 2019 yang lalu.

Mereka ditangkap Subdit III/ Jatanras Ditreskrimum Polda Sumut dikawasan Belawan, dengan waktu berbeda. Untuk 11 tersangka lainya, masih dalam pengejaran Polisi. Sementara lima dari enam tersangka, terpaksa diberi tindakan tegas dan terukur, karena berusaha melarikan diri saat mau ditangkap petugas.

Keenam tersangka yang diamankan berinisial BH alias B warga Jalan Klumpang Kebun Pasar IV, Kecamatan Hamparan Perak. THH alias T warga Jalan Sruau Rusun, Medan Labuhan dan AR alias A warga Jalan Pajak Baru Gang Belanak Belawan.

Sementata tiga tersangka lainnya yakni AIH alias A dan YPC alias C, keduanya warga Jalan Paya Pasir Gang Manaf dan H alias N.

Selain itu, petugas turut menyita dua unit truk kontainer BI 9201 EA dan B 9700 DEJ, 1.234 kotak susu, satu unit mobil Avanza yang digunakan tersangka saat menjalankan aksi, serta 9 unit HP yang digunakan tersangka untuk berkomunikasi.

“Tersangka kerap merampok mobil pengangkutan perusahaan dengan modus memepet di jalan tol. Sopir dan kernet diikat dan disekap, kemudian mobil dibawa kabur,” ujar Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto SH MH,  kepada sejumlah wartawan, Senin (4/11/2019).

Dari tiga tempat kejadian perkara (TKP) dalam rentang 2018 – 2019, ada Rp.2,7 miliar total kerugian pihak perusahaan. Korban dalam kasus ini sendiri merupakan pengusaha getah karet, minyak dan susu.

“Diimbau kepada perusahaan lain yang mungkin truknya pernah menjadi korban perampokan para tersangka untuk tidak takut melapor ke kita. Kami juga akan tidak segan-segan memberikan tindakan tegas terukur kepada seluruh pelaku kriminal, termasuk narkoba, curas dan curat,” Papar orang nomor 1 di Polda Sumut Irjend. Pol.Drs. Agus Adrianto SH MH.

Dalam kesempatan itu, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut, Kombes Pol Andi Rian Djajadi mengatakan"  Keenam tersangka terbukti melakukan perampokan truk getah palet pada bulan Februari 2018 lalu, di KM 29 Jalan Tol Belmerah pintu tol Tanjung Morawa.

Kemudian, kata Andi Rian, para pelaku juga terlibat perampokan truk trado bermuatan minyak goreng di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Desa Tanjung Kasau, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara, pada Sabtu 19 Oktober 2019.

Teranyar, mereka marampok truk bermuatan susu Tiga Sapi di Jalan Tol H Anif, Senin 28 Oktober 2019 kemarin.

“Mereka terkadang tidak segan-segan melukai korbannya untuk menjalankan aksinya. Mereka membawa senjata tajam dan senpi dan mengaku-ngaku sebagai anggota polisi,” ungkap Andi Rian.

Lanjut Andi Rian, ada 11 tersangka yang kini kita buru. Empat diantaranya S, F, M dan J, mereka terlibat bermuatan minyak goreng di daerah Kuala Tanjung Jalan Lintas Timur Batubara.

Sementara tersangka R, B alias B, P alias A, N alias B, K, S dan EG diburu karena terlibat perampokan trailer bermuatan susu tiga sapi di Tol H Anif.

“Mereka masih terus kita buru. Untuk tersangka yang diamankan kita jerat dengan Pasal 365 ayat 2 ke 1e dan ke 2e dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara,” Ucap Kombes Pol Andi Rian. Afd
Bagikan:
KOMENTAR