Dianugerahi Gelar Doktor Honoris Causa, Puan: Smartphone Bentuk Generasi Muda Miskin Etika dan Norma Sosial

Jumat, 14 Februari 2020 | 22.39 WIB

Bagikan:
Ketua DPR RI, Puan Maharani, saat menerima gelar Doktor Honoris Causa di Universitas Diponegoro, Semarang, Jumat (14/2).
Setarapost.comKetua DPR Puan Maharani resmi menyandang gelar Doktor Honoris Causa (DHC) di Bidang Kebudayaan dan Kebijakan Pembangunan Manusia dari Universitas Diponegoro.

Dalam pidatonya, Puan mengkritisi perkembangan teknologi yang berdampak pada generasi muda. Meski teknologi membawa kemajuan, namun nyatanya ada juga dampak negatif yang perlu diantisipasi.

"Dengan fenomena smartphone terhadap generasi muda kita, apabila tidak diantisipasi, akan menciptakan kondisi di mana generasi muda mengalami disorientasi dalam cara pandang terhadap kehidupan sebagai warga bangsa Indonesia," kata Puan di Undip, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (14/2).

Menurutnya, teknologi, khususnya smartphone akan membentuk wajah generasi muda Indonesia di masa depan. Jika tak diantisipasi, pemuda masa depan adalah yang miskin etika.

"Generasi muda yang menjadi pribadi soliter, asyik dengan dirinya sendiri, kompetensi sosial rendah, dan miskin dengan etika dan norma sosial.

Dengan minimnya etika dan norma dalam diri anak muda, Puan menilai karakter warga Indonesia akan menjadi kabur, sehingga perlu diantisipasi sejak dini. Mulai dari perlu adanya ketahanan sosial, ekonomi, dan budaya untuk menjaga karakter warga Indonesia.

"Mereka akan tercerabut dari akar-akar budaya bangsa, baik dalam hal etika maupun moral dalam komunitas bangsa, dan tenggelam dari gejolak pusaran distrupsi dan kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi," ujar dia.

"Dalam jangka panjang, dampak negatif ini dapat menghasilkan gambaran tentang manusia Indonesia di masa depan menjadi sangat kabur," tutupnya.(kumparancom
Bagikan:
KOMENTAR